Lecture

Microsoft QuickBasic 4.5, Cinta Pertama Bahasa Pemrograman

QuickBasicMengapa cinta pertama? tahun 2000 awal mula ana belajar dasar pemrograman, tepatnya di Wearnes Education Center Malang. Saat itulah Microsoft QuickBasic 4.5 -sering dibaca QB- menjadi hiburan siang dan malam, untuk mengasah logika dan algoritma yang dianugerahkan-Nya :)

Microsoft QuickBasic 4.5 mudah dipahami dan dipelajari oleh para pemula pemrogram, karena sintaks atau struktur perintah didalamnya yang tidak terlalu menuntut banyak aturan, apalagi sangat didukung oleh Windows -iya karena satu pabrik :) -

Microsoft merilis versi pertama dari QuickBasic pada tanggal 18 Agustus 1985 tentang tunggal 5,25 “360KB disket . QuickBasic versi 2.0 dan kemudian terkandung sebuah Integrated Development Environment (IDE), yang memungkinkan pengguna untuk mengedit langsung dalam editor teks di layar.

Meski masih didukung dalam QuickBasic, nomor baris menjadi opsional. Program melompat juga bekerja dengan label bernama. Kemudian versi juga menambahkan struktur kontrol, seperti multiline pernyataan bersyarat dan blok lingkaran.

Microsoft “PC BASIC Compiler” ini dimasukkan untuk menyusun program ke DOS executable. Dimulai dengan versi 4.0, editor termasuk seorang penerjemah yang memungkinkan programmer untuk menjalankan program tanpa meninggalkan editor. Penafsir digunakan untuk debug program sebelum membuat file eksekusi. Sayangnya, ada beberapa perbedaan halus antara interpreter dan compiler, yang berarti bahwa program-program besar yang berlari benar penafsir mungkin gagal setelah kompilasi, atau tidak dikompilasi sama sekali karena perbedaan dalam rutinitas manajemen memori.

Versi terakhir dari QuickBasic adalah versi 4.5 (1988), meskipun pengembangan BASIC Professional Development Sistem Microsoft (PDS) terus sampai rilis terakhirnya versi 7.1 pada bulan Oktober 1990. Pada saat yang sama, kemasan QuickBasic yang diam-diam berubah sehingga disk menggunakan kompresi yang sama digunakan untuk BASIC PDS 7.1. Dasar PDS 7.x versi IDE disebut QuickBasic Extended (QBX), dan hanya berlari pada DOS, seperti sisa Dasar PDS 7. x, yang juga berlari pada OS / 2. Penerus QuickBasic dan Basic PDS adalah Visual Basic untuk MS-DOS 1.0, dikirim dalam versi Standar dan Profesional. Kemudian versi Visual Basic tidak termasuk versi DOS, seperti Microsoft berkonsentrasi pada aplikasi Windows.

Sebuah subset dari QuickBasic 4.5, bernama QBasic , disertakan dengan MS-DOS 5 dan versi kemudian, menggantikan GW-BASIC disertakan dengan versi sebelumnya MS-DOS. Dibandingkan dengan QuickBasic, QBasic terbatas interpreter saja, tidak memiliki beberapa fungsi, hanya dapat menangani program dengan ukuran yang terbatas, dan tidak memiliki dukungan untuk modul program yang terpisah. Karena tidak memiliki kompiler, itu tidak dapat digunakan untuk menghasilkan file executable, meskipun kode sumber program masih bisa disusun oleh QuickBasic 4.5, PDS 7.x atau VBDOS 1.0 compiler, jika tersedia.

Download : Microsoft QuickBasic 4.5
() Kali

Tentang Tamhcar

3 Comments

  1. power pointnya gg ad di sini pak….???

    • samsul hadi

      posting juga aturan bahasa Qbasic donk, pak…..!!!

    • Tamhcar

      “modul dan slidenya ada di sini, langsung ke TKP ya..”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>